Cari Tahu Asyiknya Traveling Menjadi Sukarelawan, Cuma DISINI!!

485

Traveling Menjadi Sukarelawan

Sukarelawan

 

Wohoho, tunggu dulu! Sukarelawan? Kita kan mau liburan. kok malah jadi sukarelawan? Mungkin itu yang pertama muncul dalam kepala kita begitu disodori liburan sambil menjadi sukarelawan. Padahal di belahan dunia barat sana, bentuk liburan sambil give back pada masyarakat atau lingkungan tempat kita berlibur sudah cukup lama menjadi tren.

Rata-rata orang yang sudah menjalani liburan sebagai sukarelawan menyatakan bahwa jenis liburan ini membuat mereka kaget. Mereka kaget bahwa jenis liburan ini sangat melelahkan. Tapi, mereka juga kaget bahwa jenis liburan ini ternyata sangat memuaskan.

 

Liburan dengan menjadi sukarelawan memang bukan sekadar liburan. Liburan jenis ini adalah petualangan yang memiliki tiga elemen pelayanan, belajar, dan akhirnya terlibat serta memberi kontribusi, Liburan jenis ini akan "memberi” bukan hanyapada diri kita, tapi juga pada semua orang dalam lingkungan kita.

 

Dan bukan hanya saat liburannya saja, tapi juga setelahnya, karena  pengalaman dan sikap-sikap yang kita peroleh saat liburan menjadi sukarelawan pasti akan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari kemudian.

Traveling Menjadi Sukarelawan

Sebenarnya, Indonesia punya bentuk liburan sebagai sukarelawan ini. Masih ingat istilah KKN atau Kuliah Kerja Nyata? Bukankah itu salah satu memori paling indah dalam kehidupan masa kuliah kita?

KKN menciptakan memori pacaran dan taksir taksiran paling hot, mengeluarkan kualitas yang terbaik dari pikiran dan tenaga kita, juga membuat kita bisa merasakan kehangatan di hati akibat kebahagiaan melihat hasil kerja kita berguna bagi

masyarakat tempat kita menjalankan KKN, juga keramahan dan kebaikan hati masyarakat sederhana yang kita datangi.

 

So, jangan anti dulu pada liburan menjadi sukarelawan. Pertama-tama, karena sifatnya sukarela, kita sendiri bisa

memilih bentuk dan jenis pekerjaannya, juga durasinya. Misalnya saat berlibur satu minggu di Yogyakarta, kita bisa meluangkan waktu satu atau dua hari untuk membantu pengungsi letusan Gunung Merapi-masa gawat darurat sudah tamat bukan berarti masalah mereka sudah selesai,

 

Tentunya akan lebih mudah bila kita masuk ke salah satu organisasi yang sudah berkarya di sana. Kedua, dengan memberi pada lingkungan tempat kita berlibur, kita memberi nilai lebih pada liburan kita. Kenangan yang kita

bawa pulang pun jadi lebih bermakna dan indah.

 

Anak-anak pun bisa diajak menjalani jenis liburan ini. Mereka bisa membantu mengerjakan hal-hal kecil,

atau sekadar mengajak main anak-anak lokal di tempat liburan yang dipilih keluarga. Bagi pelajar yang sudah lebih besar-anak SMA atau mahasiswa-- liburan sambil menjadi sukarelawan bisa memberi mereka pencerahan soal pilihan bidang ilmu atau pekerjaan apa yang ingin mereka tekuni nantinya. Atau mereka bisa mendapat pengalaman kerja dalam bidang yang mereka pelajari-seperti KKN yang sudah disebutkan di atas tadi.

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Uncategorized
No Response

Leave a reply "Cari Tahu Asyiknya Traveling Menjadi Sukarelawan, Cuma DISINI!!"