Ketahui Tips-Tips Traveling dengan Bersepeda, Cari Tahu DISINI!!

290

Traveling dengan Bersepeda

Bicycle Trip

Belakangan ini gerakan bike to work (www.b2w-indonesia.orid) sedang marak di Indonesia. Di Jakarta kita sering melihat para pesepeda menembus lalu lintas di jalan-jalan. Kegiatan bersepeda pulang-pergi dari rumah

menuju tempat kegiatan (kantor/tempat usaha/sekolah) sebenarnya bisa meringkas berbagai masalah, mulai dari masalah kesehatan pribadi, lingkungan, ekonomi, sampai kemacetan lalu lintas.

Meskipun lebih ditujukan untuk kesehatan dan untuk mengakali lalu lintas, kegiatan bersepeda untuk bersenang-

senang pun dilakukan oleh para anggota komunitas b2w ini. Pada akhir pekan mereka sering kopi darat sekaligus melakukan olahraga sepeda lintas alam. Salah satu trek yang cukup ngetop dan sering dicoba para pesepeda adalah trek

 

IPG (Jalur Pipa Gas) di daerah lombang Ciputat, lakarta. Untuk "kelas berat kita sekali sekali mendengar berita

soal orang-orang yang keliling dunia dengan naik sepeda. Tapi tentu tidak setiap orang punya waktu dan tenaga

untuk melakukannya. Sebaliknya, short trip dengan sepeda, misalnya Jakarta-Bogor relatif bisa ditempuh oleh orang yang punya kemauan.

Baca Juga Cari Tau Tips Persiapan Slow Traveling, DISINI!!

 

Trip dengan sepeda, sama seperti trip-trip lain, perlu perencanaan. Perhatikan perlengkapan bersepeda kita, seperti helm, sarung tangan, sepatu bersepeda langan lupa.

Sepeda kita juga harus dalam kondisi prima.

Periksa ban, pasang lampu-kalau-kalau perjalanan harus kita tempuh pada malam hari-juga siapkan pompa dan peralatan yang diperlukan sekiranya sepeda kita perlu diperbaiki di jalan.

Selain itu, jangan lupa membawa perbekalan air minum, snack, buah dan letakkan pada tempat yang mudah diraih sembari mengayuh sepeda.

Buah yang biasanya jadi andalan pesepeda adalah pisang. Buah ini mudah dikupas

dan mengandung karbohidrat tinggi yang bisa jadi untuk tenaga mengayuh, langan lupa untuk mengumpulkan sampah snack kita dan membuangnya di tempat yang tepat atau membawanya pulang untuk diolah kembali

Riset sekali lagi jadi kata lamci, Rencanakan jarak yang akan ditempuh dalam jangka waktu tertentu, sesuaikan dengan kemampuan dan tenaga.

 

Cari jalur yang tepat untuk dilalui sebaiknya pilih jalan yang tidak terlalu ramal karena di Indonesia belum banyak jalur khusus sepeda. Pilih juga waktu perjalanan yang tepat, misalnya pada pagi hari saat matahari belum tinggi dan panas serta kondisi jalan belum terlalu ramai. Ingatlah bahwa biasanya truk truk besar antar kota dengan badan besar menguasai jalanan pada malam hari.

 

Sedikit cerita tentang budaya bersepeda di Eropa, di Belgia ada turis bersepeda sebutan bagi para pesepeda yang bepergian keliling negara tersebut, terutama pada akhir pekan.

Benua Eropa memang terkenal dengan budaya bersepedanya. Negara yang paling membudayakan sepeda adalah Belanda. Di Belanda, pesepeda sangat dimanjakan.

 

Budaya bersepeda sudah ditanamkan dalam diri anak-anak sedari mereka kecil, dan dengan menjadi pesepeda yang baik sejak kecil, mereka tumbuh menjadi pengguna jalan yang baik saat dewasa.

Meskipun saat dewasa mereka menyetir mobil, mereka bisa menghormati pengguna jalan yang lain. Bersepeda keliling negara dengan budaya sepeda dan lalu lintas demikian tentu menyenangkan sekali.

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips LiburanTags:
No Response

Leave a reply "Ketahui Tips-Tips Traveling dengan Bersepeda, Cari Tahu DISINI!!"