Ini Dia Tips Traveling ke Agrowisata yang Harus Kamu Tahu!!

369
Traveling ke Agrowisata

Tips Traveling ke Agrowisata

Agrowisata

Di Indonesia sebagai negara agraris, belakangan ini banyak berkembang jenis liburan "kembali ke desa Tren ke arah itu tampak dengan mulai banyaknya kampung wisata dan pusat-pusat agrowisata. Di kampung-kampung wisata, pengunjung bisa melihat langsung kehidupan ala petani dan mencoba beberapa kegiatan, seperti menanam padi atau memandikan kerbau.

Memang kebanyakan wisatawan yang datang masih benar-benar sebagai wisatawan yang datang berkunjung hanya selama beberapa jam, belum benar-benar membantu sampai memberi hasil yang nyata. Tapi, jelas ini salah satu jenis wisata yang bisa dikembangkan, Agrowisata yang mulai marak di Tanah Air memperkenalkan dan mengembalikan para turis kota pada alam pedesaan yang asri.

Setelah mengenal alam pedesaan dan kegiatan-kegiatannya, para turis diharapkan kembali mencintainya. Bila rasa cinta alam itu sudah ada, tentu langkah-langkah selanjutnya untuk melestarikan alam dan menyelamatkan Planet Bumi menjadi lebih ringan. Pastinya, agrowisata adalah cara yang paling pas untuk berhubungan dengan penduduk lokal, tanah, dan tentu saja makanan organik.

 

Jenis - Jenis Agrowisata

 

Mulai dari perkebunan the atau tebu yang membuka diri, mengantar para wisatawan menjelajah kebun dan memberi penjelasan soal proses produksinya, sampai ke desa wisata edukasi yang komplet dengan taman rekreasi, Sementara itu, agrowisata adalah salah satu bentuk liburan hijau yang cukup populer di dunia barat sana.

Di belahan dunia barat, dikenal istilah farm hopping, jenis liburan ini jelas tidak biasa atau ramah lingkungan Istilah yang membuat kita teringat pada kodok atau kelinci ini mengacu pada menginap pada beberapa pertanian atau

peternakan secara gratis (atau membayar dengan hargamurah) sebagai ganti kita melakukan beberapa pekerjaan pada pertanian atau peternakan tersebut.

Ada juga pertanian atau peternakan yang sengaja "menjual diri” menyediakan akomodasi lengkap (kamar tempat menginap serta sajian makanan yang terhitung mewah) dengan harga lumayan mahal.

 

Tren ini cukup populer di dunia barat sana, mungkin karena umumnya orang barat memiliki cukup banyak

waktu cuti sehingga mereka terus menciptakan gaya baru dalam bepergian dan berusaha menemukan gaya berlibur yang lebih bermakna-bukan hanya bagi diri mereka sendiri, tapi juga bagi lingkungan farm hopping cocok

dilakukan bila kita memang punya waktu cukup panjang untuk melakukan perjalanan, karena idenya adalah tinggal di beberapa pertanian atau peternakan, dan  merasakan suasananya.

Baca Juga Cara Traveling dengan Kendaraan Umum, Dapatkan Tipsnya DISINI!!

Agrowisata merupakan cara yang baik untuk membuat manusia terhubung kembali dengan tempat makanannya

tumbuh, kata Tom Philpott, pemilik Pertanian Maverick di Valle Crucis North Carolina, Amerika Serikat. Pertanian ini menawarkan paket menginap di rumah pertanian serta hidangan lezat hasil panen sendiri. "Tentu saja banyak pertanian memiliki pemandangan yang indah sehingga bisa menawarkan pengalaman liburan yang unik"

 

Bila hanya punya waktu pendek, kita tetap bisa tinggal di satu pertanian atau peternakan dan bekerja di sana

selama beberapa hari. Sama seperti liburan dengan bekerja sukarela, liburan gaya ini pun bisa dikombinasikan dengan jalan-jalan. Misalnya kita punya waktu berlibur seminggu, kita bisa bekerja di pertanian selama dua hari, atau mengatur waktu untuk bekerja pada pagi hari, lalu jalan-jalan mengeksplorasi tempat wisata atau kota tempat kitatinggal pada siang dan sore harinya.

 

Di Eropa, banyak orang muda membantu petani pada musim panen sembari jalan-jalan. Benar-benar win-win

solution, karena petani mendapat tenaga pembantu "gratis, sementara muda-mudi itu juga mendapat pengalaman selain penginapan dan makanan gratis atau murah.

 

Tentu saja bila kita memutuskan melakukan liburan jenis ini, kita harus benar-benar mengikuti arahan si petani atau peternak. Salah salah, bila kita sok tahu, hasil panenan yang bagus jadi rusak atau sapi yang seharusnya diperah jadi stres parah dan tidak menghasilkan susu. Dari banyaknya tempat yang membuka diri untuk memberi

layanan agrowisata di Tanah Air, dua tempat di bawah ini cukup unik untuk diintip.

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips LiburanTags:
No Response

Leave a reply "Ini Dia Tips Traveling ke Agrowisata yang Harus Kamu Tahu!!"