Mengetahui Tips Hemat Berkendara saat Traveling

365

Tips Hemat Berkendara saat Traveling

Sebagian besar jejak karbon yang dibuat oleh industri pariwisata dan perjalanan datang dari jalan. Kendaraan yang butuh bahan bakar fosil membuat polusi yang luar biasa. Tetapi apa boleh buat, kita membutuhkan kendaraan untuk pergi dari titik A ke titik B-kurang efisien rasanya bepergian jarak jauh dengan berjalan kaki. Berikut beberapa ulasan supaya kita bisa meminimalisasi jejak karbon kendaraan kita.

 

Mobil

Orang Indonesia kebanyakan menyukai family car supaya ibu, bapak, kakek, nenek, emak, adik, kakak, tetangga, dan penduduk satu RT bisa diajak semua. Tentu saja family car ini tipe mobil berbadan besar. Padahal semakin besar mobilnya, semakin besar pula mesinnya. Semakin besar mesin, makin banyak bensin yang ditelannya, dan akibatnya tentu saja semakin besar pula emisi karbonnya!

 

Sebisa mungkin, pilihlah mobil yang pas dengan jumlah anggota keluarga kita. Bila anggota keluarga kita hanyalah ayah, ibu, dan dua anak, untuk apa membeli family car yang berkapasitas sembilan orang? Milikilah city car

yang pas untuk empat orang. Selain lebih keren, tentu saja jejak karbon yang kita tinggalkan tidak sebanyak bila menggunakan family car. Kalau memang mampu dan mau, mobil hybrid atau mobil listrik yang makin populer

belakangan ini bisa jadi pilihan. Jenis mobil ini digadang-gadang lebih ramah lingkungan daripada mobil berbahan bakar bensin karena sumber energinya dari listrik.

Baca Juga Ketahui Info Boros Kendaraan Untuk Traveling, dan Menanggulangiya!

Saat jalan-jalan atau melakukan road trip dari satu kota ke kota lain pun prinsipnya sama. Pakailah mobil yang

besarnya pas dengan jumlah penumpang. Kalau memang kita berangkat mudik dengan seluruh anggota keluargabesar apa boleh buat, pakailah family car. Tapi kalau perjalanan hanya dilakukan bersama tiga orang, pakailah

mobil kecil! Selain itu, jika kendaraan pribadi Anda besar dan tidak terlalu hemat bahan bakar, pertimbangkanlah untuk menyewa mobil yang lebih ekonomis, Anda akan menghemat bahan bakar sekaligus memperpanjang umur kendaraan Anda sendiri.

 

Selain menggunakan mobil yang pas, terapkan juga prinsip eco-driving. Dengan menerapkan prinsip eco-driving, mobil juga lebih awet. Bumi lebih hijau, kita juga bisa menghemat uang yang biasa kita gunakan untuk ke bengkel.

 

Berkendara Hemat Ala Eco-Driving

Banyak cara untuk merawat kendaraan sekaligus menghemat jejak karbon kita. Berikut tip sederhana soal

Tips Hemat Berkendara saat Traveling yang ramah lingkungan:

  1. Tidak usah berlama-lama memanaskan kendaraan kita
  2. Panaskan mesin mobil sambil menjalankannya perlahan.
  3. Menyetirlah dengan kecepatan konsisten, jangan mengebut. Mengebut memboroskan lebih banyak bensin daripada menyetir dengan kecepatan normal.
  4. Turunkan kecepatan saat jalan menanjak.
  5. Masukkan persneling netral apabila mobil berhenti di lampu merah.
  6. Perhatikan tekanan ban mobil. Bila ban kempes, mobil membutuhkan lebih banyak bensin untuk bergerak-selain tentu saja, berbahaya!
  7. Matikan mesin mobil bila kita sedang parkir menunggu teman atau keluarga.
  8. Jangan lupa servis berkala setiap mobil telah menempuh

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips Liburan
No Response

Leave a reply "Mengetahui Tips Hemat Berkendara saat Traveling"