Tips Berlibur yang Ramah Lingkungan, Hanya Disini!

310

Berlibur Ramah Lingkungan

Berlibur Ramah Lingkungan - Sudah  siap untuk berlibur? Ayo kita mulai melangkahkan kaki ke acara liburan yang lebih hijau! Berikut beberapa ulasan dan pilihan kegiatan liburan yang hijau.

 

Staycation

Terkadang kita merasa penat dengan rutinitas sehari-hari, tetapi tidak punya banyak waktu maupun dana untuk pergi berlibur. Bagaimana kita dapat menghilangkan kepenatan itu? Salah satunya adalah dengan staycation. Istilah ini diperuntukkan bagi liburan alternatif yang pastinya jauh lebih murah dibanding pergi ke luar kota, apalagi ke luar negeri.

 

Sesuai namanya, staycation berasal dari gabungan dua kata, yaitu di tempat dan vacation atau liburan stay alias

tetap liburan tanpa pergi-pergi singkatnya staycation itu berarti liburan tanpa perlu pergi jauh dari rumah.

 

Jenis liburan ini bukan hanya baik bagi kantong kita-tidak perlu membayar biaya perjalanan jauh-tapi juga baik bagi lingkungan kita. Dengan tidak pergi ke mana-mana (atau hanya pergi ke tempat yang berjarak dekat dari lingkungan tempat tinggal kita), kita tidak memboroskan bahan bakar fosil dan tidak meninggalkan jejak karbon yang merugikan lingkungan.

 

Tapi ada satu hal penting yang harus diingat ketika melaksanakan staycation, yaitu menghadirkan atmosfer

liburan ke dalamnya. Jangan mentang-mentang tidak pergi ke luar kota, kita menyempatkan diri membaca e-mail dan tetap bekerja walaupun sedikit, membongkar garasi, atau hal-hal semacam itu, Inti staycation adalah liburan tanpa bepergian jauh.

 

Maka dari  itu, kita pun harus menikmati saat-saat itu seperti layaknya liburan biasa, semisal sudah menyusun rencana liburan jauh-jauh hari, membereskan segala pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum berlibur, bahkan mungkin sedikit melonggarkan ikat pinggang dalam hal makanan (biasanya kita sering jajan ketika sedang liburan, bukan?)

 

Staycation membuat kita bisa menjelajah dan lebih mengenali kota atau daerah tempat tinggal kita. Jangan melulu pergi ke mal. Akui saja, sehari-hari kita lalu lalang seputar kota, tapi apakah kita benar-benar tahu di mana

tempat makan yang enak atau di mana museum yang menarik-selain mal yang mentereng? Informasi mengenai

tempat-tempat menarik di kota bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, antara lain jejaring komunitas di Internet.

 

Staycation juga bisa jadi pilihan kegiatan yang menarik bagi keluarga. Bagi orangtua yang mungkin tidak bisa cuti saat anak liburan sekolah,

atau tidak memiliki anggaran untuk berlibur ke tempat jauh (biasanya harga-harga melonjak saat liburan sekolah pada tengah tahun), membawa anak keliling kota bisa sama seru dan

menariknya dengan liburan ke luar negeri. Kreatiflah!

 

Ajak anak-anak ke pabrik pengolahan bahan makanan favoritnya untuk melihat langsung proses pembuatannya. Sekarang ini beberapa pabrik makanan seperti Chocolate School by Tulip (www.chocolateschool.org) membuka diri untuk day tour, bahkan menyediakan kelas membuat cokelat bagi anak-anak. Anak-anak juga bisa diajak melihat kantor pemadam kebakaran atau planetarium. Bila tempat yang ingin didatangi mensyaratkan jumlah peserta tertentu, ajaklah anak saudara, tetangga, atau teman-teman anak kita di sekolah.

Baca juga Cari Tahu Berlibur dengan cara Staycation, Seperti apa??

 

Sejak layanan bus Trans Jakarta dibuka banyak orangtua mengajak anak-anak mereka keliling kota menggunakan bus antimacet ini. Rute Blok M-Kota bisa ditempuh dalam waktu relatif singkat, sekitar satu jam. Di daerah Kota, orangtua bisa mengajak anak melihat berbagai museum, bangunan tua, hingga kesibukan di daerah Pecinan Glodok.

 

Jangan lupakan berbagai tempat menarik lain seperti kebun binatang atau sea world. Anak-anak jelas menyukai binatang, sementara orang dewasa tentu masih memiliki sisi anak-anak tersembunyi dalam dirinya, bukan?

Malas dengan segala kegiatan "cerdas" dan hanya ingin "senang-senang saja"? Tempat-tempat seperti kolam renang sederhana sampai water park yang menawarkan segala macam atraksi dan wahana bisa jadi pilihan.

 

Bermain di water park bisa membuat keluarga lupa waktu saat mencoba satu per satu permainan yang ditawarkannya, mulai dari seluncuran ekstrem sampai ke lazy river.

 

Belum punya anak, atau justru butuh liburan dari mengurus anak? Titipkan anak pada pengasuh atau kakek-nenek dan pergilah menonton konser musik, pertandingan olahraga, atau nikmati sendiri (atau bersama pasangan atau teman) asyiknya bermain di theme park di kota Anda. Naik wahana-wahana pacu adrenalin pasti bisa menyegarkan.

 

Mendatangi bazar atau festival tahunan di kota Anda atau menonton pertunjukan teater juga bisa jadi pilihan yang unik dan asyik Apalagi belakangan ini festival budaya di Indonesia dikemas makin menarik.

Selain itu, Anda dan pasangan bisa juga iseng menginap di hotel dekat rumah bila benar-benar ingin suasana yang berbeda dengan suasana rumah. Pendeknya, inti staycation sama dengan inti semua jenis liburan lain: bersenang-senang. Lakukanlah kegiatan menyenangkan yang sudah lama tidak Anda lakukan. Atau, cobalah kegiatan baru yang sudah lama ingin Anda lakukan.

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips LiburanTags:
No Response

Leave a reply "Tips Berlibur yang Ramah Lingkungan, Hanya Disini!"