Cara Traveling dengan Kendaraan Umum, Dapatkan Tipsnya DISINI!!

417

Traveling dengan Kendaraan Umumv

Jarak 5.000 kilometer untuk memastikan mobil dalam keadaan baik. Kerusakan kecil yang tidak kita sadari juga bisa membuat mobil boros bensin.

 

Pilih bensin beroktan tinggi yang pembakarannya lebih sempurna dan bersih sehingga lebih hemat dalam jangka panjang. Jangan isi mobil dengan barang-barang berat. Beban berlebihan akan memengaruhi pergerakan mobil dan makan bensin.

Baca Juga Mengetahui Tips Hemat Berkendara Saat Travelling!!

Buat rencana rute perjalanan. Rute memutar dengan  pilihan jalan yang tepat bisa membuat kita terhindar dari boros bensin. Hanya pergi ke pantai dua blok dari hotel Jalan kaki sajalah. Mesin mobil yang masih dingin makan bensin dua kali lebih banyak, dan jelas jalan kaki membuat kita makin sehat.

 

Bus dan Travel

Menggunakan bus dan mobil travel meninggalkan jejak karbon lebih sedikit dibandingkan mobil pribadi atau mobil sewaan.

Betul, badan kendaraan bus dan mobil travel lebih besar dibandingkan mobil pribadi, tetapi kedua jenis kendaraan ini mengangkut lebih banyak orang sehingga tentu saja lebih efisien dan hemat energi.

Memilih naik bus atau mobil travel bukan hanya menghemat bahan bakar fosil, tapi juga menghemat tenaga kita. Kita bisa duduk santai dan menikmati perjalanan, sementara bila naik mobil pribadi mungkin kita harus menyetir.

 

Kereta Api

Kereta api disebut-sebut sebagai alat transportasi paling hemat energi. Untuk jarak yang masih bisa dan ada jaringan keretanya, sebaiknya kita menggunakan kereta api-bukan pesawat terbang. Tetapi perang harga antarmaskapai penerbangan bisa membuat kita ragu.

Misalnya untuk jarak Jakarta ke Semarang yang memiliki pilihan naik kereta api atau naik pesawat, terkadang kita "terpaksa" memilih naik pesawat karena faktor harga yang bisa jadi lebih murah dan waktu tempuh yang lebih singkat.

Tapi, coba bayangkan sehatnya alat transportasi kereta api versus pesawat udara. Setiap rangkaian kereta bisa mengangkut sekitar 1.500 penumpang, sementara pesawat maksimal hanya mengangkut sekitar 500 penumpang.

 

Bukan  hanya itu Untuk mengangkut 1.500 orang, kereta hanya mengonsumsi BBM 3liter per kilometernya-yang artinya bila dibagi per orang hanyalah 0,002 liter Sementara pesawat yang mengangkut 500 orang membutuhkan 40 liter bahan bakar minyak per kilometernya artinya tiap orang menghabiskan 0,08 liter BBM.

 

Selain hemat bahan bakar, kereta juga jenis transportasi bebas macet. Kereta api bisa mengurangi kemacetan lalu lintas, polusi, serta mengurangi biaya angkutan. Kereta juga membuat jalan darat lebih panjang umur. Keuntungan naik kereta bagi kita meskipun waktu perjalanannya tentu lebih panjang daripada naik pesawat-adalah bisa menikmati perjalanan itu sendiri.

Naik kereta api menjadi bagian dari gaya bepergian slow traveling. Di kereta kita bisa duduk santai membaca buku atau melihat-lihat pemandangan di luar jendela kereta. Umumnya jalur kereta di Indonesia dibuat dengan membelah daerah persawahan atau perbukitan yang hijau. Benar-benar pemandangan menyegarkan yang tidak kita temui sehari-hari di perkotaan.

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips LiburanTags:
No Response

Leave a reply "Cara Traveling dengan Kendaraan Umum, Dapatkan Tipsnya DISINI!!"