Mau Tau Cara Berlibur Sambil Jadi Sukarelawan?? Cari Tau Disini!

419

Berlibur sambil jadi Sukarelawan

Cara Menjadi Sukarelawan

Mau jadi sukarelawan? Gampang!

Tertarik untuk berlibur sambil melakukan kerja social. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan

  1. Persiapkan diri jauh-jauh hari. Jenis liburan ini lebih menekankan pada pengalaman baru dan pencerahan batin, bukan bermalas-malasan.

2. Mentukan bidang yang kita minati, langan memaksa untuk jadi pengamat terumbu karang, kalau sebelumnya kita tidak terlalu pandai berenang, misalnya

3. Cari formasi tentang pilihan kerja sukarela kita jauh-jauh hari. Hubungi organisasi yang bergerak di bidang yang kita minati tersebut. Bila ingin melakukannya dengan pergi ke luar negeri, bisa bukasitus Transitions Abroad.com. Situs ini memiliki link ke beberapa organisasi terbaik yang mau menerima wisatawan/sukarelawan. Selain itu kamu bisa mencoba buka Idealist.org.

  1. Jangan langsung mengiyakan begitu menemukan kerja sosial yang menarik. Coba cari tahu lebih lanjut, apakah ada biayanya, bagaimana komentar orang-orang yang pernah melakukannya, lihat daftar pekerjaannya.

Dan pertimbangkan apakah kamu mau dan sanggup melakukannya, dan apakah masih tersedia waktu untuk jalan-jalan.

  1. Biaya liburan tetap harus dipertimbangkan. Kamu bukan saja menanggung biaya tiket pulang pergi serta biaya penginapan, Kamu mungkin juga akan diminta menyumbang pada organisasi sosial tempat kamu menghabiskan liburan. Sebelum kamu mengundurkan diri setelah membaca poin ini, ingatlah, inti bekerja sukarela adalah memberi.
  1. Kamu tidak perlu menguasai keterampilan apa pun, tapi setibanya di lokasi kerja, kamu pasti akan dibrifing lagi soal apa saja yang harus dilakukan dan diperhatikan. Hindari sikap sok tahu, lebih baik bersikap rendah hati.

Mungkin gaya bosy kamu cocok di kantor, tapi bisa membuat anak-anak jalanan yang seharusnya Kamu bantu belajar iadi mengamuk. Bahaya kan

  1. Kemungkinan besar kamu akan tinggal di suatu komunitas, entah di desa atau di suatu rumah singgah. Bawalah hadiah-hadiah kecil bagi orang-orang yang akan kamu temui di sana.

Sekadar buku tulis atau pensil sudah sangat berharga bagi anak-anak miskin yang mungkin kamu kunjungi. Kartu pos untuk menunjukkan tempat kamu tinggal (bila kamu liburan ke luar negeri) atau barang-barang etnik.

Kamu yang paling tahu hadiah kecil apa yang tepat bagi orang-orang yang kamu datangi.

Baca juga Tips Berlibur dengan cara Slow Traveling yang harus kamu tau!!

 

Di belahan dunia barat, Habitat for Humanity (www.habitat.org/gv) atau The Earthwatch Institute (www.earthwatch.org) sudah terkenal menyediakan layanan liburan sambil bekerja sukarela.

Program Global Village milik Habitat for Humanity membangun rumah bagi keluarga-keluarga kurang mampu di seluruh dunia.

Para pesertanya tidak perlu punya keahlian bertukang, tapi harus siap bermain dengan "kotoran" dan melakukan kerja fisik, misalnya mengangkut balok kayu atau ember berisi semen.

 

Earthwatch lebih memfokuskan kegiatannya pada penelitian yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup. Tapi jangan bayangkan kita harus berurusan dengan tabel-tabel rumit. Kita bisa saja terlibat dalam penanaman tanaman bakau atau mengamati satwa liar yang hampir punah. Seru bukan?

 

Artikel Terkait yang Mungkin Anda Suka:
Category: Tips LiburanTags:
No Response

Leave a reply "Mau Tau Cara Berlibur Sambil Jadi Sukarelawan?? Cari Tau Disini!"